Archive Pages Design$type=blogging

Cara Mengkoneksikan Komputer Ke Jaringan Internet

Memandu kamu mengetahui bagaimana cara mengkoneksikan komputer ke internet menggunakan smartphone.

Cara mengkoneksikan komputer ke jaringan internet untuk melakukan browsing, downloading, chatting, hingga bahkan gaming dan blogging. 

Belajar untuk menambah wawasan, serta melakukan promosi bisnis pun bisa dilakukan lewat internet.

Oleh sebab itulah mengapa kita semua harus tahu bagaimana cara mengkoneksikan komputer ke internet.

Cara Mengkoneksikan Komputer Ke Jaringan Internet

Tahun 2017, tersambung ke jaringan internet tidak sesulit tahun-tahun sebelumnya yang pernah saya rasakan.

Di tahun 2005-an misalnya. Semasa menempuh study, selain memang keterbatasan perangkat yang harganya masih mahal bagi saya.

Tidak semua perangkat komputer para mahasiswa terhubung dengan koneksi internet saat itu.

Tapi untunglah ada warnet, sehingga jika butuh mencari refrensi untuk tugas-tugas kampus. Tinggal meluncur ke warnet dengan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Tapi berkat perkembangan teknologi dan hadirnya ragam perangkat smartphone berfitur canggih. Saat ini rasanya tidak sulit untuk dapat terhubung ke internet.

Ditambah lagi teknologi jaringan smartphone saat ini sudah menggunakan teknologi 4G.

Maka hampir dapat dipastikan sebagian besar komputer dapat tersambung ke internet dengan mudah.

Serta proses uploading dan downloading dengan jaringan 4G jadi tambah lebih kencang dibandingkan 3G dan HSDPA.

Mengkoneksikan Komputer Ke Internet Pakai Smartphone 

Saya sendiri adalah salah satu pengguna yang sering mengkoneksikan komputer dengan smartphone. Hingga saat ini masih menggunakan cara yang sama.

Bercerita sedikit tentang pengalaman satu bulan saya tinggal di sebuah kos-kosan yang menyediakan kamar kos murah dengan fasilitas WiFi gratis.

Meskipun, sebenarnya saat itu saya bisa mengkoneksikan komputer saya dengan memanfaatkan koneksi di smartphone saya.

Karena si empunya kos sudah menggunakan koneksi yang lebih kencang. Jadi saya merasa tetap harus memanfaatkan fasilitas WiFi yang sudah diberikan secara optimal.

Saat itu, saya sempat kebingungan bagaimana memanfaatkan WiFi gratis yang disediakan si empunya kos-kosan.

Saya akhirnya berfikir dan sempat browsing harga perangkat tambahan penangkap sinyal WiFi, berupa mini Wirless USB, dan ingin membelinya.

Namun, karena dana belum terkumpul dan akhirnya saya ingat bahwa smartphone juga ada fitur WiFi.

Akhirnya komputer saya dapat tersambung ke internet dengan kecepatan koneksi yang lebih kencang.

Karena WiFi nya merupakan fasilitas ekstra yang dapat digunakan gratis setiap penghuni kos, jadi saya dapat menghemat kuota smartphone. “Terimakasih bapak dan ibu kos”.

Berikut petunjuk sederhana bagaimana menyambungkan WiFi smartphone dengan sinyal atau jaringan WiFi terdekat. Untuk selanjutnya digunakan agar komputer dapat terhubung ke jaringan internet.

Cara ini juga bisa jadi solusi bagi kamu yang berada pada jangkauan WiFi berbagai ISP terdekat. Atau untuk kamu yang belum memungkinkan memasang instalasi jaringan koneksi ISP sendiri.

Berikut tahapan yang bisa dilakukan bagi pengguna komputer yang ingin konek internet lewat smartphone Android :

Tahap pertama : Mengaktifkan fitur WiFi smartphone Android. Masuk ke menu Pengaturan, klik ikon WiFi lalu geser tombol WiFi ke kanan untuk mengaktifkan WiFi.

Tahap kedua : Setelah WiFi smartphone aktif, maka akan tampil daftar berbagai jaringan WiFi yang terdekat dengan perangkat.

Tahap ketiga : Sambungkan WiFi smartphone dengan jaringan WiFi yang akan dipilih dan sudah kamu ketahui password WiFi nya. Masukan password WiFi nya lalu klik OK atau Connect.

Tahap keempat : Hubungkan smartphone yang sudah tersambung WiFi ke komputer lewat kabel USB.

Tahap kelima : Setelah kabel USB smartphone tersambung ke komputer. Selanjutnya Klik menu Pengaturan lalu pilih menu Hotspot Seluler dan Penambatan.

Tahap terakhir : Pilih penambatan USB lalu geser tombol penambatan USB ke kanan agar komputer dapat tersambung ke internet.

Jika proses penyambungan berhasil dilakukan, maka tanda silang merah pada icon network pada taksbar komputer akan hilang.

Dan statusnya berubah menjadi Currently Connected to Network Internet Access.

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan komputer yang sudah tersambung koneksi WiFi untuk internetan.
Kelebihan dan Kekurangan Koneksi Smartphone

Jika penyambungan komputer ke internet menggunakan WiFi smartphone yang tersambung WiFi ISP khusus.

Berdasarkan pengalaman, komputer dapat benar-benar lancar untuk internetan. Apalagi sinyal WiFi nya penuh dan yang menggunakan WiFi jumlahnya sedikit.

Namun jika hanya memanfaatkan koneksi Internet dengan kuota yang ada pada sim card smartphone.

Maka berikut beberapa hal yang pernah saya alami dan rasakan :

Kecepatan Koneksi Internet Lebih Rendah 

Bila dibandingkan dengan kecepatan koneksi dari jaringan ISP khusus, kecepatan koneksi yang dimiliki pada simcard biasanya lebih rendah.

Apa lagi jika koneksinya sudah menggunakan ISP yang menggunakan sambungan kabel fiber optik. Kecepatannya bisa mencapai hingga 1 GB.

Namun kecepatan koneksi komputer yang memanfaatkan jaringan sim card  smartphone. Khusus untuk jaringan 3G kecepatannya mulai dari 64kb hingga 2MB.

Khusus 4G saat ini sudah jauh lebih cepat, bahkan beberapa operator seluler ada yang menawarkan kecepatan up to 100 Mbps.

Namun pengalaman, kecepatan yang dirasa kadang tidak stabil karena sinyal belum merata ke seluruh wilayah. Khususnya untuk beberapa kartu sim card tertentu.

Tidak Direkomendasikan untuk Download dan Streaming 

Karena koneksi memanfaatkan kuota sim card, maka biasanya kuota internetnya terbatas.

Meski tetap juga bisa digunakan untuk download dan streaming, bagi yang ingin berhemat kuota maka itu tidak direkomendasikan.

Apalagi jika download file-file berukuran besar dan streaming video, maka kuota internet sim card lebih cepat habis.

Smartphone Lebih Banyak Menganggur 

Ketika komputer sudah terhubung ke internet dengan bantuan smartphone, maka fungsi smartphone kadang terkesan menjadi modem. Sehingga smartphone lebih jarang di sentuh dan lebih banyak menganggur.

Respon Berkurang 

Untuk beberapa komputer dengan spek-spek tertentu biasanya tidak memiliki respon yang baik dan cepat jika konek menggunakan smartphone.

Tapi untuk komputer dengan spek menengah atau yang lebih tinggi saya rasa respon kinerja komputer tetap cukup baik.

Kesimpulan 

Cara mengkoneksikan perangkat komputer pc ke internet dapat dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan teknologi canggih pada smartphone.

Metode koneksi yang bisa dipilih adalah menggunakan WiFi jika ada, atau menggunakan metode sambungan kabel USB.

Agar komputer dapat mengakses internet dengan mudah, lancar dan cepat. Pastikan WiFi antar perangkat tersambung dengan benar dengan sinyal penuh.

Jika memanfaatkan kuota data sim card, maka pilih operator seluler yang menawarkan kecepatan koneksi tercepat dan sudah menjangkau wilayah dimana kamu tinggal.

Terakhir, agar komputer aman selama mengakses internet jangan lupa aktifkan firewall dan install antivirus di komputer mu.

COMMENTS

Name

Aplikasi Berita featured Laptop PC Desktop Perbandingan Produk Smartphone Produk Lainnya Smartphone Tablets Teknologi Indonesia
false
ltr
item
Berita Teknologi Terbaru Dan Tercanggih 2017: Cara Mengkoneksikan Komputer Ke Jaringan Internet
Cara Mengkoneksikan Komputer Ke Jaringan Internet
Memandu kamu mengetahui bagaimana cara mengkoneksikan komputer ke internet menggunakan smartphone.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioxvuMhsn5esPP6H13brqKB9muPH9m1bry_tR5HkY87wCI2fAG_R4NIFTribi31jMk33PaNhGdpF3P2L1SBG6iolMRMW12WA0wi1KV-gBaVcaFawzkNmIoyvyS0wfK69tcmDEt9xLY8gI/s1600/Cara+Mengkoneksikan+Komputer+ke+Internet.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioxvuMhsn5esPP6H13brqKB9muPH9m1bry_tR5HkY87wCI2fAG_R4NIFTribi31jMk33PaNhGdpF3P2L1SBG6iolMRMW12WA0wi1KV-gBaVcaFawzkNmIoyvyS0wfK69tcmDEt9xLY8gI/s72-c/Cara+Mengkoneksikan+Komputer+ke+Internet.jpg
Berita Teknologi Terbaru Dan Tercanggih 2017
http://teknologine.blogspot.com/2017/08/cara-mengkoneksikan-komputer-ke.html
http://teknologine.blogspot.com/
http://teknologine.blogspot.com/
http://teknologine.blogspot.com/2017/08/cara-mengkoneksikan-komputer-ke.html
true
215898280783209556
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago