Archive Pages Design$type=blogging

Peneliti Ungkap Sistem Operasi Komputer Korea Utara

Software atau sistem operasi rahasia yang dirancang khusus untuk mendukung komputer Korea Utara.

Dua peneliti yang bernama Niklaus Schiess dan Florian Grunow, berhasil mengungkap software atau Sistem Operasi rahasia yang dirancang khusus untuk mendukung komputer Korea Utara. Sistem ini dibangun untuk menjaga komputer Korea Utara terhindar dari praktek pencurian data dan penyadapan komunikasi.

Peneliti dan sistem operasi (ilustrasi)
Seperti diberitakan oleh Independent, Selasa (29/12/2015), software ini dikenal dengan nama Red Star OS, berbasis Linux, dan terlihat mirip dengan Mac OS. Tapi, Red Star OS terdiri dari beberapa teknologi khusus, yang memungkinkan negara tersebut untuk mengontrol komputer secara langsung.

Para peneliti menjelaskan, Sistem Operasi ini juga sudah didukung teknologi pelindung, yang dapat mencegah warga Korea Utara melakukan perubahan pada Sistem Operasi komputer mereka. Sebuah teknologi tersembunyi yang berfungsi untuk menghentikan kerja komputer secara langsung ketika terjadi perubahan, juga dipasang pada Red Star OS.

Pihak berwenang Korea Utara mampu memonitor secara langsung semua aktifitas dan perubahan-perubahan yang terjadi pada sistem. Bahkan dapat mengetahui siapa yang membuat file dan membuka file, dengan menggunakan "fitur watermarking". Fitur ini akan mengeprint semua yang dilakukan pengguna dalam bentuk kode khusus, Jelas peneliti.

Tampilan komputer Korea Utara tetap terlihat seperti sistem regular yang ada. Terinspirasi dari Mac OS, Sistem Operasi Red Star, juga dilengkapi dengan software pendukung untuk keperluan pengolahan dokumen, dan software multimedia lengkap.

Hanya saja sebagian besar fitur Red OS dirancang untuk keamanan. Agar dokumen penting tetap aman, para insinyur Korea Utara membuat teknologi sendiri dan memasukan tools-tools yang sudah di enkripsi.

Setelah melihat bagian dalam Sistem Operasi komputer Korea Utara, para peneliti mengungkapkan, hampir semua bagian Red Star menggunakan open source, dimana ini adalah sebuah sistem linux yang dapat digunakan secara gratis. "Mereka menggunakan bagian-bagian dari linux,  dimana linux sendiri mendukung kebebasan berbicara", kata salah satu peneliti.

Beberapa bagian khusus pada Sistem Operasi Red Star, berfungsi untuk membuat komputer Korea Utara benar-benar memiliki keamanan ekstra, dan mencegah orang-orang atau negara lain yang ingin melakukan pengintaian dokumen atau surat.  Namun, Niklaus Schiess dan Florian Grunow, mengatakan bahwa,"fitur dan software pendukung pada Red Star OS dibuat untuk keperluan pengawasan dan penindasan".

Teknologi pada Red Star OS tidak dapat digunakan di luar negeri, karena Red Star OS hanya terintegrasi oleh server yang terletak di Korea Utara, dan tidak dapat diakses dari seluruh dunia.

COMMENTS

Name

Aplikasi Berita featured Laptop PC Desktop Perbandingan Produk Smartphone Produk Lainnya Smartphone Tablets Teknologi Indonesia
false
ltr
item
Berita Teknologi Terbaru Dan Tercanggih 2017: Peneliti Ungkap Sistem Operasi Komputer Korea Utara
Peneliti Ungkap Sistem Operasi Komputer Korea Utara
Software atau sistem operasi rahasia yang dirancang khusus untuk mendukung komputer Korea Utara.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi914G831Y_YRFS696MJYlBBxPcqVdcaCP5HvLVkc1nwMs7clSU4JmM22wPFHRBZdz_5LOWLjrucXNHb-WnHzeuKL3qlg9kq585Ivk54Ro30npriywxlhUihRFmHNAt5s8NZGynEnFa9II/s1600/peneliti+ungkap+OS+komputer+Korea+Utara.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi914G831Y_YRFS696MJYlBBxPcqVdcaCP5HvLVkc1nwMs7clSU4JmM22wPFHRBZdz_5LOWLjrucXNHb-WnHzeuKL3qlg9kq585Ivk54Ro30npriywxlhUihRFmHNAt5s8NZGynEnFa9II/s72-c/peneliti+ungkap+OS+komputer+Korea+Utara.jpg
Berita Teknologi Terbaru Dan Tercanggih 2017
http://teknologine.blogspot.com/2015/12/peneliti-ungkap-sistem-operasi-komputer.html
http://teknologine.blogspot.com/
http://teknologine.blogspot.com/
http://teknologine.blogspot.com/2015/12/peneliti-ungkap-sistem-operasi-komputer.html
true
215898280783209556
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago