Archive Pages Design$type=blogging

7 Cara Membuat Ruang Penyimpanan iPhone Jadi Lebih Lega

Ruang penyimpanan iPhone yang penuh mungkin bisa jadi salah satu permasalahan bagi sebagian orang. Hal tersebut dapat menimbulkan ketidak ny...

Ruang penyimpanan iPhone yang penuh mungkin bisa jadi salah satu permasalahan bagi sebagian orang. Hal tersebut dapat menimbulkan ketidak nyamanan dalam menggunakan iPhone.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Mulai dari melakukan penghapusan sejumlah aplikasi yang terpasang pada iPhone. Atau bahkan meningkatkan kapasitas memori penyimpanan iPhone.

Foto : Macworld


Seperti dilansir CNET, Matt Elliott memaparkan 7 cara terbaik untuk membuat penyimpanan iPhone jadi lebih lega. Cara ini cukup mudah dilakukan tanpa harus menghapus aplikasi yang sudah terinstal pada iPhone mu.

1. Hapus Seluruh Histori Pesan  

Secara default, iPhone akan secara otomatis menyimpan semua text pesan yang telah dikirim dan diterima. Tujuannya adalah memungkinkan pengguna dapat membaca kembali percakapan lama.  

Mungkin hal ini cukup bermanfaat dalam situasi tertentu, tapi jika kamu ingin agar ruang penyimpanan iPhone tetap lebih lega. Ada baiknya kamu menghapus seluruh teks percakapan pesan yang tersimpan di iPhone.

Caranya cukup mudah,  buka menu "Settings" pada iPhone lalu pilih "Messages". Lanjutkan dengan scroll untuk menemukan menu "Messages History".

Rubah pengaturan dari Forever menjadi 30 hari atau 1 tahun. Selanjutnya jendela pop up akan muncul ke layar iPhone. Lalu pilih "Delete" untuk menghapus semua pesan yang selama ini tersimpan di memori penyimpanan iPhone.

2. Aktifkan Fitur "Keep Normal Foto"

Fitur ini memungkinkan iPhone kamu tidak menyimpan foto secara double. Penyimpanan foto double ini sering terjadi jika kamu mengaktifkan mode HDR Photo dan sering mengambil foto melalui kamera aplikasi Instagram.

Setiap foto yang diambil akan secara otomatis tersimpan dalam dua file, pertama versi mode HDR dan versi normal. Atau pada kasus Instagram, foto versi crop dan yang sudah terfilter juga akan tersimpan bersama foto versi normalnya.

Agar ruang penyimpanan foto di iPhone kamu jadi lebih lega. Cara yang perlu dilakukan adalah segera menuju ke menu "Settings" lalu pilih "Photos and Camera" lalu scroll ke bawah untuk menemukan menu "Keep Normal Foto". Geser tombol OFF ke ON pada menu Keep Normal Foto.

Untuk mencegah iPhone menyimpan foto instagram secara double. Maka yang perlu dilakukan adalah buka applikasi instagram pada iPhone kamu. Pilih menu profil lalu klik "Settings". Terakhir, aktifkan fitur "Save Original Photos" yang ada di bawah menu "Settings"


3. Non Aktifkan Fitur Photo Stream

Photo Stream, adalah salah satu fitur yang akan menyimpan otomatis semua foto di iPhone mu dengan resolusi khusus yang dapat ditampilkan pada perangkat Apple lainnya. Hal ini juga membuat foto menjadi double dengan ukuran yang berbeda dan membuat ruang penyimpanan jadi penuh.

Untuk mencegah terjadinya duplikat foto pada memori penyimpanan iPhone, kamu perlu menonaktifkan fitur "Upload to My Photo Stream". Caranya cukup mudah, pilih menu "Settings" lalu klik "Photos and Camera" lalu geser tombol ke kiri untuk menonaktifkan fitur "Upload to My Photo Stream".

4. Bersihkan Semua Cache pada Browser

Jika kamu aktif menggunakan Safari, maka iPhone kamu akan secara otomatis menyimpan chace berupa web histori dan beberapa data tidak penting yang tidak kamu butuhkan.  Bersihkan seluruh Cache browser dengan cara membuka menu "Settings" lalu pilih menu "Safari" dan pilih menu "Clear History and Website Data".


Jika kamu lebih aktif menggunakan Chrome, maka buka aplikasi Chrome pada iPhone lalu tekan tombol menu berbentuk 3 bulatan di bagian kanan browser. Selanjutnya pada bagian menu History kamu klik Clear Browsing Data.

5. Hapus Beberapa Lagu pada Apple Music

Menghapus beberapa lagu yang telah di download dan diputar dapat membuat penyimpanan iPhone yang penuh jadi lebih lega.

Untuk menghapus lagu yang ada dalam album atau playlist Apple Music caranya cukup mudah. Buka menu Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage. Lalu lakukan swipe atau geser masing-masing lagu ke kanan untuk melakukan penghapusan. Atau Anda dapat melakukan swipe menu All Songs di bagian atas, untuk menghapus semua lagu.

6. Hapus File Audio pada Menu Podcasts 

Podcasts iPhone adalah aplikasi yang menyimpan beberapa file audio. Ukuran beberapa file audio pada Podcasts juga ternyata cukup besar dan membutuhkan ruang lebih pada memori internal iPhone.

Sebaiknya hapus beberapa file yang sudah kamu download dan dengarkan. Jika kamu menggunakan aplikasi Podcasts, maka terlebih dahulu kamu buka Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage and tap Podcasts.

Tidak ada fitur untuk menghapus semua file secara bersamaan pada aplikasi ini. Yang perlu kamu lakukan adalah menghapus seluruh file Podcasts satu persatu dengan melakukan swipe file ke kanan.

7. Hapus Daftar Bacaan Offline  

Safari memungkinkan iPhone kamu untuk menyimpan beberapa halaman web yang dapat dibaca tanpa koneksi internet. Beberapa daftar bacaan dalam halaman web mungkin tidak benar-benar kamu butuhkan. Maka sebaiknya hapus daftar bacaan offline pada iPhone kamu. Caranya buka menu Settings lalu pilih General > Storage & iCloud Usage. Di bagian bawah menu Storage, klik Manage Storage > Safari. Lakukan swipe ke kiri box "Offline Reading List" dan klik Delete untuk membersihkan seluruh cache.  

Jika kamu ingin menghapus seluruh daftar bacaan offline, maka buka aplikasi Safari pada iPhone kamu, lalu buka menu Reading List lalu swipe ke kiri pada masing-masing daftar bacaan yang ingin kamu hapus.


COMMENTS

Name

Aplikasi Berita featured Laptop PC Desktop Perbandingan Produk Smartphone Produk Lainnya Smartphone Tablets Teknologi Indonesia
false
ltr
item
Berita Teknologi Terbaru Dan Tercanggih 2017: 7 Cara Membuat Ruang Penyimpanan iPhone Jadi Lebih Lega
7 Cara Membuat Ruang Penyimpanan iPhone Jadi Lebih Lega
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6MO9qBR1pYe3q6S5ehVViGXCSTiW_DWSgjVMzsfZCX6YokdjuOR1WXROVeC-MGzwaKGI6RPnWPoik1vNMsprD-OVh7e7nclDTUglsgGGZdUwQsn9UjfspQR0NjImf-w4liqVPA04IUDc/s1600/7+Cara+Membuat+Ruang+Penyimpanan+iPhone+Jadi+Lebih+Lega.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6MO9qBR1pYe3q6S5ehVViGXCSTiW_DWSgjVMzsfZCX6YokdjuOR1WXROVeC-MGzwaKGI6RPnWPoik1vNMsprD-OVh7e7nclDTUglsgGGZdUwQsn9UjfspQR0NjImf-w4liqVPA04IUDc/s72-c/7+Cara+Membuat+Ruang+Penyimpanan+iPhone+Jadi+Lebih+Lega.jpg
Berita Teknologi Terbaru Dan Tercanggih 2017
http://teknologine.blogspot.com/2017/04/7-cara-membuat-ruang-penyimpanan-iphone.html
http://teknologine.blogspot.com/
http://teknologine.blogspot.com/
http://teknologine.blogspot.com/2017/04/7-cara-membuat-ruang-penyimpanan-iphone.html
true
215898280783209556
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago